Popular Posts

Blogger templates

i'm Chanii

Blogger news

ndamfatur
Image by Cool Text: Free Logos and Buttons - Create An Image Just Like This

Blogroll

About

Kamis, 03 Juni 2010
MANUSIA DAN KEADILAN
 Pengertian keadilan :

- Aristoteles : Kelayakan dalam tindakan manusia.
- Plato : keadilan diproyeksikan pada diri manusia
- Socrates yang memproyeksikan keadilan pada pemerintahan.
- Kong Huc chu : Keadilan terjadi apabila anak sebagai anak, bila ayah sebagai ayah, dan raja sebagai raja, masing – masing telah mempunyai hak dan kewajibannya.
 Pemulihan Nama Baik :

Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela. Setiap orang menjaga denganhati – hati agar namanya tetap baik, seperti pribahasa “ daripada berputih mata lebih baik berputih tulang”
Penjagaan nama baik erat kaitannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Tingkah laku yang baik pada hakekatnya sesuai dwngan kodr5at manusia, yang mendasar sebagai makhluk moral.
 Pembalasan
Merupakan suatu reaksi atas perbuatan orang lain, reaksi tersebut bisa negative atau positif tergantung perbuatan awalnya,
 Kejujuran
Jujur artinya apa yang dikatakan sesuai dengan fakta yang terjadi, jujur juga berati seseorang bersih hatinya dari perbuatan – perbuatan yang dularang agama dan hukum.
 Kecurangan
Curang kebalikan dengan jujur, jika jujur sesuai denga fakta maka curang lebih parah lagi yaitu memanipulasi fakta. Kecurangn menyebabkan manusia menjadi serakah, tamak, ingin menimbun kekayaan.
Tujuan seseorang melakukan kecurangn adalah memperoleh segala sesuatu hal yang diinginkan tapi dilakukan dengan cara yang sah.
- Faktor – Faktor yang menyebabkan seseorang berlaku curang antara lain :
• Faktor Ekonomi,
• Faktor Kebudayaan,
• Faktor Peradaban, dan
• Faktor Teknik.
sumber : diktat kuliah IBD

`

0 komentar: